Muhammad Aswin (Foto : A)

redaksiaklamasi.org - Berbicara tentang sosial media kita akan berbicara tentang kehidupan sehari-hari. Dimana dewasa ini sesuatu yang di sebut sosial media atau biasa di singkat “sosmed” bagi kalangan muda. Ketika membahas persoalan dampak, akan terbagi atas dua aspek yakni dampak baik dan dampak buruk. Memang tak bisa di pungkiri bahwa sosial media sangat berperan penting di tengah-tengah masyarkakat dan sangat di butuhkan untuk menggali informasi,bertukar informasi maupun menyampaikan informasi ataupun aspirasi.

Kita dapat mengetahui perkembangan negara ini, negara itu bahkan jalan menuju surga itu bisa di cari di sosial media. Dunia tanpa sosmed bagaikan sayur tanpa garam kata segelintir orang. Itu sedikit dampak positif sosial media dan mari kita bahas sedikit tentang dampak negatif dari sosial media itu sendiri.

Pengguna sosial media tak hanya orang dewasa,melainkan banyak anak di bawah umur bahkan lanjut usia pun ada. Seiring maraknya pengguna sosial media, kita dapat melihat kondisi ini tak sedikit orang yang berpikiran untuk melakukan tindakan kejahatan melalui sosial media. Maka muncullah aksi kejahatan dari berbagai arah, baik itu penipuan, penculikan, pemerkosaa ataupun sampai pada pembunuhan.

Melihat kejadian beberapa hari yang lalu adanya pembunuhan seorang Mahasiswi Alumni Farmasi Universitas Indonesia Timur (UIT) yang  berasal dari Palopo yang di kabarkan bahwa korban mengenal pelaku melalui akun sosial media, kemudian di kabarkan bahwa sang korban ke makassar untuk menemui kenalannya itu yang pada akhirnya korban di temukan tewas di rumahnya. (16/1/2017)


Rafika (Korban Pembunuhan). Dok. Pribadi


Ini adalah salah satu pelajaran yang perlu di ingat bahwasahnya sebagai pengguna sosial media, kita juga mesti melihat dampak baik dan buruk social media tersebut. Karena jangan sampai berimbas yang tidak baik ke teman, saudara, sanak keluarga ataupun diri kita sendiri.

Setelah berbicara dengan salah satu mantan Ketua PKPT Ipmil Raya UINAM, Kakanda Haslan Hakim, S. H terkait dengan kasus pembunuhan baru-baru ini, beliau berpesan agar selalu berhati-hati dan waspada dengan penggunaan media sosial.

“Saya berpesan kepada kawan-kawan agar selalu berhati-hati dan waspada terhadap dampak buruk media social” ungkap Haslan Hakim, S. H.

“Jangan mudah terpengaruh dengan orang yang baru anda kenal, apalagi hanya kenal di media social” tegasnya.

Kejahatan berkedok sosial media bukan baru kali ini saja dan bukan hanya tindakan kejahatan itu saja. Bermacam-macam tindakan kejahatan yang telah di lakukan yang bersumber dari sosial media dan mungkin kejahatan-kejahatan lainnya masih mengintai di sekitar kita.

Gunakanlah media sosial yang dapat  memberikan dampak positif. Ingat pula agar selalu waspada dengan dampak negatifnya. Jangan pernah buka celah untuk orang melakukan kejahatan terhadap kita.

Oleh : Muhammad Aswin

Editor : A.H.R


0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
REDAKSI AKLAMASI © 2016. All Rights Reserved | Developed by Yusran016
Top