(Foto: M Thahir Maloko. Dok. Fb)

redaksiaklamasi.orgHimpunan Mahasiswa Islam (HMI) berpartisipasi aktif memberikan saran demi memajukan bangsa ini. Bukan hanya itu, engkau juga selalu mengedepankan gerakan kultural, bahkan sampai pada puncaknya yang begitu menawan. Wacana pemikiran dalam pembaharuan Islam yang kau lakukan ketika itu juga sangat memukau. Pertarungan wacana keislaman mungkin sudah menjadi keseharianmu ketika itu. Sungguh kami tersihir hingga kini jika mengenang masa lalumu yang gilang-gemilang itu. 

Namun sayang, mengapa pula kegilang-gemilangan itu di ujung-ujungnya mesti dibayar mahal dengan rekatnya dirimu kepada penguasa negeri ini. Karena begitu rekatnya dirimu dengan penguasa, akhir-akhirnya engkau juga kemudian harus membayar lebih mahal lagi berupa terbelahnya badanmu menjadi dua yang hingga kini sangat sulit menyatukannya kembali, walaupun kedua-dua badan tersebut saat ini azasnya sudah sama, yaitu sama-sama berazaskan Islam.

(Foto: Logo HMI dan Logo KOHATI. Dok. Fb)
Sungguh kami di masa kini sangat merindukan dirimu mencapai lagi kegilang-gemilangan seperti halnya dirimu di masa silam yang selalu memancarkan sinar yang mencerahkan bagi seluruh persada nusantara.. Semoga pengharapan ini tak sekedar menjadi harapan hampa nan sunyi yang kemudian sirna ditelan bumi ataupun terbang melayang dibawa angin yang entah ke mana arah dan tujuannya.

Kami sadar sesadar-sadarnya bahwa tantangan yang engkau hadapi kini begitu beratnya. Kami juga mafhum jikalau tantangan di masa kini jauh berbeda dibandingkan tantangan yang dahulu kau hadapi. 

Namun tantangan tetaplah tantangan. Jika kini ada tantangan, tentunya dahulu juga ada tantangan. Mungkin model tantangannya saja yang berbeda. Bisa jadi tantangan dahulu lebih ringan dibandingkan tantangan yang ada sekarang. Atau jangan-jangan tantangan kini jauh lebih ringan dibandingkan tantangan dahulu. Entahlah, kami tak mau berandai-andai.

Penulis: M Thahir Maloko (KAHMI, Mantan Wakil Dekan II Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar, Dosen di UIN Alauddin Makassar dan sekarang menjabat sebagai Wakil Dekan II Fakultas Sains dan Teknologi UIN Alauddin Makassar)

Editor: Muh. Taqwin Tahir

1 komentar Blogger 1 Facebook

  1. assalamualaikum min
    boleh minta kotak penulis (pak m thahir maloko)?
    kalo boleh email ke: samsul.arifin2111@gmail.com

    BalasHapus

 
REDAKSI AKLAMASI © 2016. All Rights Reserved | Developed by Yusran016
Top