redaksiaklamasi.org - Berlembaga atau Berorganisasi selalu di pandang sebagi suatu wadah yg mampu membentuk karaktrer dalam individu manusia, yang di mana dengan berorganisasi manusia atau individu mampu membentuk karakter serta jiwa sosial dan jiwa kpemimpinan yang dapat mengarahkan manusia atau individu itu sendiri pada tahap di mana pola pikir serta gagasannya menuju gagasan yang mampu memberikan suatu prospek hidup yg jelas bagi dirinya maupun orang lain.

Karna dengan berorganiasi, manusia dapat mengembngkan multidisiplin ilmunya melalui kerja kerja pelatihan dan pengembangan diri di luar institusi pendidikan formal seperti universitas dan sekolah tinggi yang berstatus swasta maupun negeri.


Sebagian mahasiswa, organisasi menjadi suatu hal yang dianggap bisa menganggu aktivitas kuliah. Hal ini mungkin disebabkan oleh sebagian mahasiswa yang aktif di organisasi yang tidak bisa mengatur kuliah dan organisasi sehingga di DO (DROP OUT) oleh kampus. Ini memang banyak terjadi, saking sibuk berorganisasi, kuliah mahasiswa keteteran.


Sebenarnya, tidak perlu takut masuk organisasi karena juga banyak manfaatnya untuk mahasiswa. Poin utama yang harus ditanamkan adalah apakah kuliah yang utama atau organisasi. Pilihan ini tergantung pada setiap mahasiswa. Menjadikan organisasi sebagai pilihan utama berarti kuliah akan sedikit kurang maksimal padahal tujuan masuk kampus adalah untuk kuliah. Jalan tengahnya adalah menjadikan organisasi sebagai pendukung prestasi di kampus dan untuk pengembangan diri sehingga waktunya harus disesuaikan dengan kuliah. 

Di lain sisi, organisasi dapat menghubungkan antara individu yang satu dengan individu yang lain.Biasanya mereka yang tergabung dalam suatu wadah organisasi yang sama persaudaraannya kuat. Ketika mengikuti dan menjadi panitia acara tertentu, seorang anggota organisasi bisa saja terhubung dengan pihak lain yang berkompeten. Tidak heran bila anak-anak yang aktif organisasi memiliki banyak relasi dari yang sekelas mahasiswa hingga politisi dan pejabat.


Pandangan akan hal ini sudah menjadi sesuatu yg tertanam dalam setiap individu yg sudah melewati tahap proses dalam berlembaga dan mungkin sudah bisa kita katakan sebgai individu yg sadar (Teridrologis ), pandangan maupun penilain seperti ini merupakan suatu penilaian yang di bangun atas dasar kenyataan maupun pengalaman hidup bagi individu yang sudah mencapai tingkat kesuksesannya dalam meraih asa maupun cita citanya. 

Mengutip titipan Pesan dari salah seorang Mantan Menteri Pendidikan indonesia untuk Mahasiswanya , ANIES BASWEDAN. Yang mana beliau salah Seorang yang dengan perjuangan kerasnya mengejar cita cita dan harapanya menjadi orang sukses melalui berorganisasi maupun berlembaga mengatakan, " Yang dicari bukan IPK, masa depan tidak bisa dibangun hanya dengan itu saja. Masih banyak potensi yang bisa kalian kembangkan dengan Berorganisasi."

Oleh : Mukhlis (Mahasiswa asal Bima Nusa Tenggara Barat serta Mahasiswa Jurusan Teknik PWK Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)

Editor : Andi Muhammad Satriansyah


0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
REDAKSI AKLAMASI © 2016. All Rights Reserved | Developed by Yusran016
Top