redaksiaklamasi.orgOleh Hasrullah (Mahasiswa UIN Alauddin Makassar serta Penulis dan Presenter di Book Launch

Bulan Maret merupakan bulan yang penuh kesibukan bagi para mahasiswa tingkat akhir Green jacket, UIN Alauddin Makassar. Pasalnya, sejumlah 2920  mahasiswa akan melaksanakan salah satu dari tri dharma perguruan tinggi negeri, yakni pengabdian masyarakat. Pada kalangan mahasiswa, pengabdian masyarakat ini lebih dikenal dengan sebutan KKN atau Kuliah Kerja Nyata.



Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengaplikasian terhadap hasil pembelajaran teori yang didapatkan selama berada di dalam kelas. Teori tersebut diaplikasikan terhadap kehidupan masyarakat, terutama pada masyarakat yang berada di lokasi yang jauh dari peradaban dunia (istilah anak UINAM).  KKN biasanya memakan waktu selama 2 bulan untuk melaksanakan sebuah perubahan.
Nah, lumayan lama kan jangka waktunya ? Maka dari itu, penulis berinisiatif membantu ukhty/akhi dalam mempersiapkan hal hal yang diperlukan sebelum ber-KKN ria - Sebenarnya sih keperluan penulis juga hahaha *LOL. Hidup angkatan 54 dan 55!!! Oke, langsung saja, apa nih yang perlu dipersiapkan mulai dari sekarang?
1.      Mengubah kebiasaan buruk di rumah atau di kost

Dipastikan bahwa anak UINAM ada yang nge-kost dan ada pula yang justru anak rumahan. Tentunya kita punya kebiasaan masing–masing dalam mengatur diri dan tempat tinggal. Nah, kamu yang mungkin selama ini punya kebiasaan buruk seperti bangun telat, malas bersih–bersih rumah, dan kebiasaan buruk lainnya. Sebaiknya mulai dari sekarang, tinggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut. Mengapa? Karena pada saat KKN nanti, kita bakalan tinggal bersama teman–teman KKN yang lain dalam satu posko. Malu dong, kalau kamu sukanya bangun telat apalagi malas bersih–bersih. Pasti teman–teman kamu nanti bakalan ilfil sehingga hubungan antara kamu dan teman–teman yang lain bisa jadi kurang baik. Tentu, gak mau kan kalau hal ini terjadi?.
Berdasarkan hasil bincang berbincang antara penulis dengan KKN angkatan ke 53, sebagian besar mereka menyarankan bahwa kita musti hati hati, sedikit saja malas, bakalan dapat gosip bukan cuma dari satu posko, tetapi satu kecamatan. Wadduh… laki laki mah.. sudah jauh pasti kalau masalah gosib gosib. Yang dipertanyakan adalah ukhty UINAM yang manis manis ini. Maklum, wanita.., Bawaannya pasti perasaan (Baper). :3
2.     Mengubah Kebiasaan Buruk di Kampus UINAM

Kamu yang mungkin suka datang terlambat ke kampus, lambat kumpul tugas kuliah dan lain–lain. Nah, Sebaiknya harus mulai mengubah kebiasaan-kebiasaan tersebut. Sebab pada saat KKN, nanti kamu dituntut untuk selalu tepat waktu , terutama jika berurusan dengan pejabat daerah dan tokoh masyarakat. Kamu juga bakal menghadapi berbagai kegiatan kemasyarakatan yang nantinya akan dimintai laporannya. Kamu nggak maukan memberi kesan buruk terhadap Kampus Peradaban UINAM kepada para pejabat daerah dan tokoh masyarakat.
3.     Kemampuan Bersosialisasi

Saat KKN nanti, tentunya kita akan berinteraksi dengan masyarakat luas. Sudah pasti dibutuhkan kemampuan lebih dalam berkomunikasi dan kelihaian untuk menjalin hubungan baik dengan masyarakat. Bagi kamu yang merasa memiliki kekurangan dalam hal yang satu ini, kamu perlu berlatih mulai dari sekarang agar nantinya mampu bersosialisasi dengan baik. Untuk para ukhty, penulis bisa minta nomor Hp-nya tidak?, Urgent nih, mau latihan berkomunikasi di telepon, boleh ? *Modus*
4.     Belajar Bikin Surat, Proposal Kegiatan, dan LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban)

Ini adalah satu hal yang paling urgent harus kamu ketahui, terutama yang menjadi Koordinator Kecamatan dan Koordinator Posko. Bagi kamu yang bergiat di organisasi kemahasiswaan, surat menyurat mungkin bukanlah hal yang baru buat kamu. Namun, bagi kamu yang belum familiar dan terbiasa, sebaiknya kamu mulai mengenal dan mempelajarinya. Ini penting, karena nantinya saat kamu berada di lokasi KKN, pasti kamu akan membuat suatu kegiatan dan kegiatan tersebut pasti memerlukan administrasi seperti surat, proposal, dan laporan pertanggung jawaban. Ada yang bisa jelaskan ke penulis tentang perbedaan antara aplikasi “LKH KKN UINAM” dan “LPJ” ini ?, Komen dibawah yoh. Yang jawab, penulis doakan biar kita bisa satu posko. Kalau wanita yang jawab, habis KKN, saya lamar ki.
5.     Kemampuan berbicara di Depan Umum

Berani tampil di depan umum itu perlu. Mungkin saja kamu bakalan mengadakan sebuah kegiatan dan pasti ada yang namanya pemandu acara. Malu kan, kalau misalnya seorang mahasiswa nggak bisa jadi MC. Selain itu, jika masyarakat di tempat kamu KKN mengadakan acara seperti pesta pernikahan, sunatan, aqiqah,  dan lain-lain, biasanya mahasiswa KKN yang didaulat jadi MC. Bagi laki – laki yang muslim, belajar berkhutbah juga penting. Kali aja, pas lagi Shalat Jum’at, tiba – tiba kamu diminta untuk jadi khatib. .
Doa penulis sekarang adalah:
“Semoga saya mendapatkan teman posko yang mampu berkhutbah yah Allah, kumohon yah Allah, kabulkan doa penulis” aamiin aamiin yah Allah.
6.     Peralatan Penting

Saat KKN, dalam satu posko wajib punya printer dan kamera. Minimal satu saja per posko. Printer akan berfungsi untuk mencetak file–file seperti surat undangan, laporan dan lain–lain. Nah, kalau kamera bukan buat foto–foto selfie nih, kamera penting untuk mendokumentasikan kegiatan kemasyrakatan. Karena nantinya akan diminta laporannya oleh dosen pembimbing. Jujur yah, kalau mendengar kata kata “dosen pembimbing”, saya teringat skripsi yah Allah *peluk ukhty*.
7.     Bangun Komitmen dari Awal

KKN itu kayak lagi mau menempuh hidup baru. Iya, kamu akan bersama–sama orang yang baru dengan suasana baru juga. Pertama kali kamu berkumpul dengan teman satu posko, penting sekali agar membangun komitmen dari awal. Mulai dari jadwal piket bersih–bersih, masak atau tugas–tugas yang lain. Bahkan yang berhubungan dengan finansial juga perlu dibuat komitmen. Yah contohnya kalian mungkin berkomitmen, setiap orang kumpul uang perminggu untuk kebutuhan sehari–hari.
8.    Lunasi Hutang di Cafetaria UINAM, Teman dan Ibu Kost

Hutang dengan siapa pun itu wajib kamu bayar yee. Apalagi kalau kamu akan KKN dalam jangka waktu yang lumayan lama. Maka kamu harus terbebas dari yang namanya hutang. Mungkin hutang di Cafetaria UINAM, tetangga kost atau iya.. Kamu punya hutang sama saya. Hutang tulang rusuk ku ada di kamu sayang.
9.     Pakaian

Saat KKN nanti, Kamu tidak bisa hanya mengandalkan Green Jacket KKN UINAM saja, jangan lupa bawa juga almamater. Pakaian hitam putih juga perlu plus baju olahraga. Bagi yang ukhty ukhty UINAM nih, jangan bawa pakaian-pakaian yang mencolok, ketat, dan tipis (terkesan tembus pandang, lumayan loh itu dimata para lelaki seperti kami). Masyarakat pastinya akan memperhatikan gerak-gerik dan apa yang kamu kenakan. Jadi berusahalah untuk tampil wajar dan tidak mencolok sesuai dengan cerminan Kampus Peradaban.
10.Daftar Packing KKN UINAM

Nah untuk yang nomor terakhir ini nih, kalian download saja dibawah, penulis sudah siapin list listnya, biar bisa dicek apa sudah ada atau belum. Ingat, daftar packing ini masih hal hal umum saja yah yang perlu dibawa. Kalau keperluan pribadi mah masing masing beda. Misalnya, penulis membawa jamu kuat nih, mau juga bawa jamu kuat? iya, jamu penguat biar saya dan ukhty bisa beraktifitas bersama satu hari full menyelesaikan proker kita. Kalau ukhty ukhty ini pasti punya juga barang barang pribadi yang bersifat Privasi. Nih link downloadnya, klik di bawah


Editor: Nur Aisyah Ramadhani


0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
REDAKSI AKLAMASI © 2016. All Rights Reserved | Developed by Yusran016
Top