Reporter: Andi Haerur Rijal

(FOTO: SAAT BERTANDANG KE LAUCHING BUKU DARI KANG MAMAN DI MAKASSAR SEKALIGUS UNTUK MEMBERITAHUKAN KEPADA TEMAN TEMAN ACARA SEMINAR LITERASI DAN LAUNCHING BUKU APRIL MENDATANG, JAELANI (KIRI), INDAH (SAMPING KIRI KANG MAMAN), DIAN (SAMPING KANAN KANG MAMAN), KANG MAMAN SUHERMAN (TENGAH), ISMUL AZHAM (KANAN), DOK. FOSMADIM)
 
redaksiaklamasi.org- Demi memotivasi bahkan menuntaskan kebodohan di Indonesia khususnya di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, serta dalam meningkatkan semangat literasi maka Baris Kata Indonesia bekerjasama dengan Forum Silaturrahmi Mahasiswa Alumni DDI Mangkoso (FOSMADIM) beserta PRC Universitas Hasanuddin Makassar akan menggelar Seminar Literasi dan Lauchung Buku.

Kegiatan yang bertema "Membangun Peradaban Melalui Generasi Muda dan Budaya Literasi", dimaksudkan agar masyarakat Indonesia khususnya pemuda dapat berkontribusi dalam memberantas kebodohan dan meningkatkan budaya baca serta menulis.

Pada Seminar Literasi dan Lauchung Buku yang akan digelar di Baruga A.P. Pettarani Universitas Hasanuddin, Minggu (16/4/17), akan menampilkan tiga pembicara yang mempuni dibidang literasi seperti Maman Suherman (penulis), Boy Chandra (penulis ) dan Darwis Tere Liye (penulis).

Hal ini dibenarkan oleh Salah seorang penggiat di Baris Kata Indonesia, Ismul Adzam. Dia menjelaskann dengan komplit bahwa kegiatan ini untuk meningkatkan budaya literasi khususnya di kota Makassar dan sengaja dibungkus dalam konsep Enterpreneur.

“Kegiatan yang kami adakan ini, lebih ke konsep Enterpreneur. Jadi kami kemas dalam tema besar yaitu Writter-Preneurship. Writter-Preneurship ini tujuannya mengerahkan para penulis-penulis indie Makassar khususnya untuk dapat terjun di dunia kepenulisan yang profesional. Maka komposisi Writter-Preneurship Kami yaitu pertama, Mengadakan lomba kepenulisan, gunanya menjaring para penulis-penulis yang punya dasar dalam hal kepenulisan, yang kedua, Seminar dan launching buku, guna menggalakkan dunia literasi di Makassar sekaligus memperkenalkan karya dari peserta Kami (penulis baru) dan ketiga, Sekolah penulis, para pemenang lomba ini akan Kami gembleng dalam rentan waktu tertentu (sesuai dengan kurikulum kami), kemudian akan diberi target sampai mereka bisa mandiri dan profesional dalam dunia kepenulisan.” papar Ismul Adzam.


“Untuk seminarnya, Kami datangkan pembicara seperti kang maman, tere liye dan boy candra. Seperti apa yang sering disampaikan kang maman, untuk mematahkan data hasil survey UNESCO yang mengatakan minat baca masyarakat indonesia hanya 0,001% atau terendah kedua dari 61 negara yang disurvey, yaitu dengan menghidupkan budaya literasi. Hal tersebut mendorong kami untuk turut berpartisipasi dalam menggalakkan kegiatan literasi, sehingga kedepannya secara luas masyarakat akan terbiasa dan membudayakan dunia literasi. Menyangkut enterpreneur, kemudian akan dikasi oleh Tere Liye dan Boy Candra, kami rasa mereka dapat menjadi motivator untuk para generasi muda Makassar.” Tambahnya.

Ismul Adzam pun menegaskan bahwa Tujuan dari kegiatan ini dan tujuan dikolaborasikannya antara Writter dan Preneurship ialah hanya seamata-mata untuk memajukan dunia literasi yang kurang lebih sama dengan memajukan ekonomi kreatif.

“Senada dengan apa yang sedang digembar-gemborkan para elite pemerintah, bahwa memajukan dunia literasi sama dengan memajukan ekonomi kreatif. Inilah tujuan kami. Jika dua hal besar tersebut, yang jika dipadukan dan dikemas dengan baik dapat mendorong bangsa ini jauh lebih baik lagi.” Tegasnya.

Izmul Azham  juga mengajak generasi muda khususnya tuk menggalakkan dunia literasi dan membudaya di Indonesia terkhusus kota Makassar.

“Sehingga melalui kegiatan ini, kami mengajak para generasi muda, mari bersama menggalakkan dunia literasi, mari jadikan dunia literasi ini menjadi budaya di Indonesia, terkhusus di Kota Makassar. Mari bergabung dalam lingkaran positif, dalam kegiatan Seminar Literasi dan Launching Buku Baris Kata Indonesia yang bekerjasama dengan Forum Silaturrahmi Mahasiswa Alumni DDI Mangkoso berserta PRC Universitas Hasanuddin Makassar”. 

Seminar Literasi dan Lauching Buku ini akan digelar pada hari Minggu, 16 April 2017 di Baruga A. P. Pettarani Universitas Hasanuddin Makassar. Teman-teman yang ingin terlibat silahkan hubungi nomor HP yang ada delink ini: http://www.redaksiaklamasi.org/2017/03/ticket-masuk-seminar-literasi-dan.html atau info lebih lanjut silahkan cek Facebook Baris Kata Indonesia.


(FOTO: TICKET MASUK SEMINAR LITERASI DAN LAUNCHING BUKU, DOK. FOSMADIM)

Baris Kata Indonesia, Forum Silaturrahmi Mahasiswa Alumni DDI Mangkoso (FOSMADIM) dan PRC Universitas Hasanuddin Makassar sangat mengharap kegiatan ini sukses dengan hasil yang baik pula, yakni adanya semangat baru teman-teman khususnya pemuda untuk semakin mengembangkan dirinya.


0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
REDAKSI AKLAMASI © 2016. All Rights Reserved | Developed by Yusran016
Top