Iwan Mazkrib. (redaksiaklamasi.org/Nur Aisyah Ramadhani)



redaksiaklamasi.org - Untuk ini, saat ini ada dua ungkapan.

1. Orang yang memegang kekuasaan, tidak punya waktu untuk membaca buku. Orang yang tidak membaca buku, tidak pantas memegang kekuasaan. (Voltaire).

Ungkapan ini saya rasa bahwa tindakan seseorang itu tergantung dari apa yang mereka pahami. Yah bisa saja, orang bertindak karena mengejar kepuasan semata, bahkan ada yang bergerak karena intervensi orang lain, atau bahkan merencanakan kejahatan. 

Di sisi lain kita melihat bahwa kekuasaan kadang menjadikan posisinya sebagai jalan untuk mengeploitasi yang dikuasainya, agar kepentingan bisa saja dilahap sebagai hidangan istimewa di meja kekuasaan.

Hmm, di sinilah kadang kebenaran perlu dipertanyakan. Sebab "Hilangnya kekuatan maka kebenaran akan menjelma hal yang paling menakutkan".

2. Hal yang buruk di masa lalu bisa saja baik di masa depannya, begitu sebaliknya.

Yah, kalau kita melihat seseorang sebatas kontekstual saja, maka menebak seseorang itu tidak cukup jika hanya sebatas membenarkan sesuatu untuk membuktikan nilai-nilai kemanusiaannya.

Sederhananya adalah bunga yang indah sekalipun kadang mengandung racun yang paling mematikan.

Alkisah, realitas dunia memang menipu. Misalnya seseorang yang berpenampilan buruk, tapi di sisi lain memiliki kepedulian yang besar terhadap orang lain. Bahkan juga ada yang berpenampilan wibawa, rapi dan mengumandangkan lafaz-lafaz kebenaran, namun kadang hanyalah menjadi penonton bahkan sifat yang ditampung adalah hal yang paling mengerikan.

Begitulah jika menjadi manusia, maka setelah berperilaku layaknya manusia maka perlu lebih jauh memahami manusia itu apa?

Sebab di dunia ini dipenuhi dengan orang baik-baik. Jika tak jumpa orang itu, maka jadilah orang itu.

Sebagai kesimpulan, mari berbenah sebelum surut dari suasana.
Manfaatkan bulan suci Ramadhan ini sebagai bebatan istirah dari perbuatan keji dan mungkar.

Atau bagaimana?

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1438 Hijriyah.

#AnugerahTuhan


Oleh : Iwan Mazkrib (Wakil Sekertaris Umum Bidang PPPA HMI Komisariat Syariah dan Hukum UINAM Cabang Gowa Raya Periode 2016-2017)

Editor : Nur Aisyah Ramadhani
Description: https://ssl.gstatic.com/ui/v1/icons/mail/images/cleardot.gif


0 komentar Blogger 0 Facebook

Posting Komentar

 
REDAKSI AKLAMASI © 2016. All Rights Reserved | Developed by Yusran016
Top